MAGISTER PGMI MENYAPA “Sosialisasi Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga”

Jurusan Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mengadakan pertemuan Mahasiswa dalam bentuk acara virtual dengan tema “Sosialisasi Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga” Virtual ini diikuti 80 mahasiswa/i dari pukul 09.00 s.d 11.00 WIB, pada Jum’at, 12 Februari 2021 melalui Aplikasi Zoom. Acara virtual ini dilaksanakan dengan sukses atas bantuan dari HIMA MPGMI.

Acara Virtual bersama dua narasumber Dr. Siti Fatonah, M.Pd. (Kaprodi Magister PGMI) dan Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd. (Sekprodi Magister PGMI) dipandu dengan moderator Aisya Rahma Fadhilla, S.Pd. (Ketua HIMA MPGMI).

Dr. Siti Fatonah, M.Pd, sebagai Kaprodi Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga. Strategi menyelesaikan studi dengan lancar yaitu: a. Persiapan diri, b. Membuat jadwal/target, c. Reward, d. Sabar mehadapi masalah diskusi sesama pejuang/mhs fokus, e. Ingat pejuangan ortu, f. Rajin beribadah dan berdoa. Itu adalah Tips kuliah lancar dan nilai bagus.

Dr. Aninditya Sri Nugraheni, sebagai Sekprodi Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga. Tentang alur pengajuan dosen tesis : step 1; proposal tesis sudah di acc oleh dosen pembimbing seminar propsal, step 2; mahasiswa menyiapkan berita acara seminar propsal, step 3; mahasiswa scan KTM, step 4; surat pengajuan permohonan menjadi dosen pembimbing tesis, step 5; berkas diserahkan ke TU meliputi; a. Propsal yang di acc, b. Berita acara seminar propsal, c. Scan KTM, d. Surat pengajuan pembimbingan tesis, step 6; a. sebelum ke kaprodi, sekprodi menyusulkan dosen pembimbing. b. Kaprodi menyetujui, c. Diserahkan ke staf TU untuk duinputkan ke SIA, step 7; setelah mendapatkan surat balasan dari TU berupa surat yang telah di TTD oleh kaprodi dan disetujui untuk menjadi dosen pembimbing tesis dan surat penunjukan dosen pembimbing tesis, step 8; mahasiswa menyerahkan surat diatas kepada dosen pembimbing tesisnya untuk di TTD, step 9; mahasiswa langsung melaksanakan bimbingan tesis dengan dosen pembimbing. Tentang alur pendaftaran munaqosyah online : 1. Masuk akun SIA, 2. Klik pada sidang tugas akhir, 3. Klik pada pendaftaran, 4. Klik pada tombol selanjutnya, 5. Isikan data diri sesuai dengan ketentuan pada SIA, lanjutt penyerahan berkas 6. Mahasiswa membawa berkas syarat sidang, 7. Berkas syarat sidang diserahkan ke pihak TU dan diverifikasi kelengkapan berkasnya, 8. Lalu pihak TU akan menghubungi penguji dan pembimbing serta menyiapkan jadwal untuk sidang, 9. Mahasiswa mendapat jadwal sidang berupa surat dari pihak TU, 10. Mahasiswa mehubungi pihak TU untuk meminta link Zom sidang, 11. Mahasiswa menyerahkan berkas berisi file tesis ke pembimbing dan penguji serta surat jadwal ujian H-3 sebelum pelaksanaan sidang. Tentang alur pendaftaran yudisium : 1. Sidang munaqasah, 2. revisi, 3. acc, 4. Minta ttd penguji dan ceklis online, 5. Menghubungi pak marwanto meminta pengesahan online, 6. Masukin berkas online web perpus buat bebas pustaka, 7. Daftar yudisium.

(Author : Ahmad Saufi Al Hadisi)