Dosen

Profil Jamil Suprihatiningrum

Nama : Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Program Studi : S1 - Pendidikan Kimia
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/A
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Literasi 2 WAJIB D SEN 20:50-22:30 R: TBY-101
2. Metode Penelitian Pendidikan Kimia 2 WAJIB A SEN 16:25-18:05 R: TBY-110
3. Metode Penelitian Pendidikan Kimia 2 WAJIB B KAM 07:00-08:40 R: TBY-314
4. Penulisan Karya Ilmiah Populer 2 WAJIB B RAB 08:50-10:30 R: TBY-410
5. Praktik Pembelajaran Mikro 2 WAJIB B SEN 12:30-14:10 R: GKT-201
6. Proyek Mandiri 2 2 PILIHAN B RAB 07:00-08:40 R: MP-102
7. Studi Disabilitas dalam Pendidikan 2 PILIHAN A KAM 10:40-12:20 R: TBY-411

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Flinders University Education PhD. 2021
2. S2 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Sains M.Pd.Si. 2010
3. S1 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Kimia S.Pd.Si 2006

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 2024 MENYEMAI KESETARAAN MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF . Tingkat Nasional.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65052/
2 2021 Panduan Modifikasi Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) dan Adaptasi. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh SUKA-Press.
https://www.academia.edu/67615862/Panduan_Modifikasi
Conference Paper
3 2023 Realizing Education for All (EFA) through chemistry teaching and learning in a senior high school providing inclusive education . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada The 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education. Diselenggarakan oleh UNS. Diterbitkan oleh ACM.
https://icliqe.uns.ac.id
4 2021 Teachers’ understanding on inclusive science education for students with disabilities: Stories from Indonesia . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada The 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education. Diselenggarakan oleh IKIP UNS Surakarta. Diterbitkan oleh Association for Computing Machinery New York NY United States.
https://dl.acm.org/doi/proceedings/10.1145/3452144
5 2018 Empowerment of Undergraduate Deaf Students and “Sahabat Inklusi” in Sign Language Training for Support Teachers in Inclusive Schools in Yogyakarta . Tingkat Internasional. Pada 3rd of International Conference on University-Community Enggagement. Diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan UIN Malik Ibrahim Malang. Diterbitkan oleh Kementerian Agama dan UIN Malik Ibrahim Malang.
http://repository.uin-malang.ac.id/4386/7/4386-2.pdf#page=47
6 2017 Index for Inclusion: A Framework to Investigate the Inclusivity of Inclusive Secondary Schools in Yogyakarta Indonesia, . Tingkat Internasional. Pada Student-led Conference (SCE). Diselenggarakan oleh University of Adelaide.
7 2016 Research and Development Chemistry Compendium Al Quran For Islamic High School . Tingkat Internasional. Pada Conference on Educational Research and Innovation (ICERI, 2016). Diselenggarakan oleh Yogyakarta State University.
8 2016 Development of Index for Inclusion to Assess the Inclusiveness of Islamic Schools and Islamic Universities (PTKI) in Indonesia. . Tingkat Internasional. Pada International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE 2016). Diselenggarakan oleh International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE 2016).
9 2015 Assistance Program for Deaf Students in Center for Disability Services (Pusat Layanan Difabel) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. . Tingkat Internasional. Pada International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI, 2015). Diselenggarakan oleh Yogyakarta State University.
Jurnal Ilmiah
10 2024 A Team-Teaching Initiative to Create Inclusive Chemistry Learning: Fulfilling the Reformed Indonesian Curriculum . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpmipa/article/vie...
11 2024 INNOVATION OF DIFFERENTIATIONAL LEARNING STRATEGIES IN SCIENCE LEARNING FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia.
https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article...
12 2024 Utilizing Animaker in Producing Interactive Chemistry Learning Media on the Topic of Atomic Structure . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Postgraduate University of Mataram.
https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/757...
13 2024 SCALE FOR PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS’KNOWLEDGE IN DESIGNING INCLUSIVE LEARNING: CONSTRUCTION, VALIDATION, AND RELIABILITY . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Research Institutions and Community Service (LPPM), Universitas Jambi.
https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/33958
14 2024 Construction and Validation of a Scale to Measure Islamic Primary School Teachers’ Readiness in Implementing Emancipated Curriculum Referring to the Technological Pedagogical and Content Knowledge . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika.
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan...
15 2024 Jigsaw Infused Tic-tac-toe Learning Model: dalam A Chance to Gain Student’s Concentration and Conceptual Understanding of Chemistry. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh The Center of Research and Development of Students (PPIPM UNP).
http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/538
16 2024 Development of Ethnoscience Electronic Student Worksheets on Buffer Solutions to Inculcating Islamic Values . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/2...
17 2024 Creating Accessible Chemistry Content for Students with Disabilities: Findings from Schools Providing Inclusive Education in Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/675...
18 2024 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMA . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/377/...
19 2024 The Effect of Inquiry-Based Learning on Students’ Critical Thinking Ability and Activeness in Reaction Rate Material . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/...
20 2024 Development of TikTok-based Chemo-entrepreneurship e-Worksheet to Fostering Students’ Entrepreneurial Spirit . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/v...
21 2023 The Shifting of Special Education Orthodoxy in Implementing Inclusive Education Policies in Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA).
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan...
22 2023 Support of Family Economic Status for Fulfilling the Right to Education for Children with Disabilities . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/25376
23 2023 TPACK – UDL Scale for Science Teachers: Construction, Validation, and Reliability . Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh andwick International Research and Analysis Institute (RIRAI) Publisher.
https://www.randwickresearch.com/index.php/rielsj/article/vi...
24 2023 REVEALING THE FACES OF RURAL POVERTY IN INDONESIA: A CASE FROM TEMANGGUNG, CENTRAL JAVA . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Laboratorium Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/a...
25 2023 Pengembangan Google Sites Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa sebagai Media Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.
https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/27391
26 2022 The Long Road to Social Inclusion: Participation of Vulnerable Groups in Village Development . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JPMI/article/view/248...
27 2022 Science and special education teachers create inclusive classroom practice in science . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/49858
28 2022 Science and special education teachers create inclusive classroom practice in science: Are they working interdependently? . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/49858/pd...
29 2022 Pengembangan Media Virtual Lab sebagai Alternatif Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/...
30 2022 The Orthodoxy of Special Education Among Public, Private, and Islamic Secondary Schools Providing Inclusive Education . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/54...
31 2022 Meeting the Challenges of Accessibility for Science Inclusive Classrooms in Indonesian Basic Education System . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/710
32 2022 Pengalaman Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif dalam Menyediakan Pembelajaran Sains . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/26...
33 2021 Survei Aksesibilitas Fisik dan Sosial sebagai Dasar Penyusunan Grand Design Desa Inklusif . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/24266
34 2020 Is Online Learning Accessible During COVID-19 Pandemic? Voices and Experiences of UIN Sunan Kalijaga Students with Disabilities . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh UIN Walisongo Semarang.
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/issue/view/A...
35 2019 Persepsi Penyandang Disabilitas dan Stakeholder untuk Mempromosikan dan Mengembangkan Komunitas Inklusif di DIY dan Sulawesi Tenggara . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/ar...
36 2017 Islam - Science Integration Approach in Developing Chemistry Individualized Education Program (IEP) for Students with Disabilities . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Intelektual Pustaka Media Utama (IPMU) in collaboration with Institute of Advanced Engineering and Science (IAES).
https://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/...
37 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Web Untuk SMA/MA . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University.
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2...
38 2016 Inculcation of Islamic Values Through Chemistry Short Story (Cerpen) For Senior High School dalam AKADEMIKA Jurnal Pemikiran Islam,. Tingkat Nasional Terakreditasi.
39 2016 Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi Yogyakarta dalam INKLUSI: Journal of Disability Studies. Tingkat Nasional.
40 2016 Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi Yogyakarta dalam INKLUSI: Journal of Disability Studies. Tingkat Nasional.
41 2015 Pengembangan Tabel Periodik Unsur (TPU) Braille untuk Siswa Difabel Netra dalam INKLUSI: Journal of Disability Studies, Pusat Layanan Difabel/PLD),. Tingkat Nasional.
Poster
42 2019 Meta-Research on Disability Issue in Education: A powerful tool for Indonesian researchers with limited resources . Tingkat Internasional. Diselenggarakan oleh Association for Interdisciplinary Meta-Research and Open Science, The University of Melbourne. Diterbitkan oleh Association for Interdisciplinary Meta-Research and Open Science, The University of Melbourne.
https://aimos.community/aimos2019
Prosiding
43 2023 Realizing Education for All (EFA) through chemistry teaching and learning in a senior high school providing inclusive education . Tingkat Internasional terindeks pada IEEE Explore dan SPIE. Pada Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022). Diterbitkan oleh Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icliqe-22/1259947...
Seminar
44 2023 Portrait of a Chemistry Teacher's Efforts in Creating an Inclusive Classroom . Tingkat Internasional. Pada Proceeding International Conference on Religion, Science and Education.
http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/v...
45 2021 Meeting the challenges of accessibility for science inclusive classrooms: Indonesia’s portrait . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada Australasian Science Education Research Association (ASERA) Conference 52. Diselenggarakan oleh Australasian Science Education Research Association.
https://www.asera.org.au
46 2021 Meeting the challenges of accessibility for science inclusive classrooms: Indonesia’s portrait . Tingkat Internasional. Pada Australasian Science Education Research Association (ASERA) Conference 52. Diselenggarakan oleh Australasian Science Education Research Association (ASERA). Diterbitkan oleh Australasian Science Education Research Association (ASERA).
https://www.asera.org.au/2021-conference/
47 2019 The Orthodoxy of Special Education: It’s all about Inclusive Education in Indonesia . Tingkat Internasional. Pada The Inclusive Education Summit (TIES). Diselenggarakan oleh Kohia Centre at The University of Auckland’s Faculty of Education and Social Work, New Zealand.
https://www.auckland.ac.nz/en/education/learning-alumni-comm...

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2016 Analisis Kajian Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Desa Merah Kabupaten Temanggung.
2 2016 Assessment Hambatan Pelibatan Kelompok Marginal (Warga miskin, perempuan dan difabel) dalam Perencanaan dan Proses Pembangunan Daerah.
3 2016 Pengembangan IEP Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Difabel Berbasis Integrasi Islam dan Sains.
4 2015 Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia dalam pengembangan SSP bermuatan integrasi Islam Sains.
5 2015 Pengembangan Kompendium Al Quran mata pelajaran Kimia untuk MA (Analisis Critical Thinking Skills Calon Guru Kimia dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Integrasi Islam-Sains).
6 2015 Pengembangan Subject specific pedagogy berbasis pendekatan IBSE untuk materi kimia kelas X Implementasi Itik (Intrumen Tes Islam-Kimia) dengan Sofware 3DS Max untuk Mendeteksi Pemahaman Konsep Level Mikroskopis Perubahan Wujud Air di Pondok Pesantren.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2023 Daftar Cek Aksesibilitas Bangunan Umum Bagi Penyandang Disabilitas. Diterbitkan oleh Kemenkumham.
https://drive.google.com/file/d/1h5dYf6gCHY2023C9RMoF7ZyY-2z...
2 2023 Kuesioner Survei Potret Kesiapan Guru IPA Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Mengacu Pada Kerangka Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Diterbitkan oleh Kemekumham.
https://drive.google.com/file/d/1nlkct-LUpbaHi2Ia0-ssL4e_xFj...
3 2023 Kuesioner Survei Kemampuan Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Dalam Merancang Pembelajaran Inklusif Mengacu Pada Kerangka TPACK, BD, UDL. Diterbitkan oleh Kemenkumham.
https://drive.google.com/file/d/1QzzCHuDsBYvF8YimBbsCVuKHmbS...
4 2022 Google Sites Bermuatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa. Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri.
https://drive.google.com/file/d/1l-l4TpJYOpUwu3ezbahBL2vZUmk...
5 2022 Kuesioner Survei Kemampuan Guru Dalam Mendesain Rencana Pembelajaran Inklusif: Kerangka Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dan Universal Design For Learning (UDL). Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri.
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list/387831

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2024 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies .
2 2023 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies .
3 2022 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies .
4 2021 Reviewer Jurnal Inklusi .
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
5 2021 Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) .
6 2021 Panduan Penyusunan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berdasarkan Universal Design for Learning (UDL) untuk Guru Kimia .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
7 2024 Webinar Komunitas Belajar (Kombel) Bhagaskara Guru SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta (Insidental).
8 2024 Workshop "Menuju Pendidikan Inklusif yang berpihak pada peserta didik" di Universitas Sanata Dharma (Insidental).
9 2024 In House Training Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Terintegrasi Penguatan Numerasi (Insidental).
10 2024 Seminar Hasil KTI Siswa Kelas Xi dalam Rangka Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-Ppra) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul (Insidental).
11 2024 Narasumber dalam acara 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE, dengan tema Application of Machine Learning (ML); A Tool for Teaching and Future Research in Chemistry Education (Insidental).
12 2024 Narasumber Monthly international webinar: Inclusive Education, Rethinking the nature of education in pluralistic society (Insidental).
13 2023 5th Dies Natalis Chemistry Education dengan tema: "Berjuta Karya Sejuta Cinta Menuju Satu Cita Bersama Pendidikan Kimia" (Insidental).
14 2023 Memberi ceramah dengan judul: How to become inclusive in your teaching and learning? (Insidental).
15 2023 Workshop Pendampingan Forum Madrasah Inklusi Yogyakarta (Insidental).
16 2023 Workshop Pendampingan Forum Madrasah Inklusif untuk Pengembangan Kompetensi Guru di Madrasah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (MPPI) (Insidental).
17 2023 Narasumber Workshop untuk Guru-Guru RA dan Bunda PAUD sebagai Narasumber dengan judul Mewujudkan PAUD Inklusif Ramah Anak (Insidental).
18 2023 Juri Lomba Gemilang Aurum Video Competition (Gervita) 2023 (Insidental).
19 2023 Workshop Review dan Pemutakhiran Kurikulum (mengacu pada OBE dan MBKM) di Lingkungan FITK UIN Malang (Insidental).
20 2022 Workshop Inklusivitas di PT (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) (Insidental).
21 2022 Diskusi Terbuka Aksesibilitas difabel dalam lingkungan kampus, Prodi KPI FDK (Insidental).
22 2022 Implementasi MBKM dalam Lingkup Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teunku Dirundeng Meulaboh (Insidental).
23 2022 Narasumber Seminar Zoom dengan Judul Urgency Pendidikan Inklusif di Madrasah dilaksanakan di MGMP Kimia MA Gabungan Kab. Kebumen dan Kab. Purworejo (Insidental).
24 2022 “Parent Teaching” di Sekolah KB/TK Alifa Muslim Montessori (Insidental).
25 2022 Manajemen Mutu Fakultas dan Program Studi di Lingkungan FITK (Insidental).
26 2022 Pembinaan Mutu Pendidikan Madrasah Inklusif dengan materi "Paradigma Pendidikan Inklusif" (Insidental).
27 2022 narasumber/pengajar dalam Kegiatan Parent’s Day dengan Materi Science for Kids (Insidental).
28 2022 Narasumber Workshop Pembelajaran Active Learning di Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga (Insidental).
29 2022 Narasumber Rapat Kerja Wilayah Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Wilayah DIY dengan judul Membincang Peran Madrasah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (MPPI) untuk Pendidikan Bermutu (Insidental).
30 2021 Pelatihan Management Kelas Inklusif untuk Guru-Guru di MAN 2 Sleman DIY (Insidental).
31 2021 FGD Penyusunan Rencana Induk dan Rencana Aksi Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas (Insidental).
32 2021 Teaching Chemistry for Students with Disabilities: Possibilities and Challenges (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
33 2016 The five-day training on sign language interpreter for lecturer. Organized by: Center for Disability Services (PLD), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. .
34 2016 Workshop on Sign Language for teacher and teacher assistant in Yogyakarta. Organized by: Ministry of Religious Affair, Center for Disability Services (PLD) and Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. .
35 2016 Judge on national competition of chemistry learning media. Organized by: Indonesian Chemistry Student Association (IKAHIMKI) and SMA Kolombo Yogyakarta. .
36 2016 Study on social welfare issue – poverty. Organized by: Bappeda Kabupaten Temanggung. .
37 2016 Workshop on Study on barriers and developing strategies to overcome barriers to the participation of marginalized groups in local budget management cycle. Organized by: Handicap International and CIQAL. .
38 2016 Workshop on Learning Strategies for Disable Students. Organized by Centre for Disabilities Services. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. .
39 2016 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY. .
40 2015 Training for inclusive Volunteer. Organized by: Center for Disability Services (PLD), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. .
41 2015 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY. .
42 2015 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY. .

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
1 2021 Peserta Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) . Pada pertemuan Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) oleh Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan.
Menjadi staf ahli di lembaga
2 2021 Dewan Pakar di Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Wilayah DIY .