Dosen

Profil Mohamad Agung Rokhimawan

Nama : Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Program Studi : PROFESI - Program Profesi Guru
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/B
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Inovasi Pembelajaran 4 WAJIB 1E SEN 09:40-13:00 R: PPG-206
2. Inovasi Pembelajaran 3 WAJIB E SEN 07:00-09:30 R: PPG-206
3. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 2 WAJIB 1E SEL 09:40-11:20 R: PPG-206
4. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 3 WAJIB E SEL 07:00-09:30 R: PPG-206
5. Pengembangan Kompetensi Pedagogik 4 WAJIB 1E RAB 12:30-15:50 R: PPG-206
6. Pengembangan Kompetensi Pedagogik 6 WAJIB E RAB 07:00-12:00 R: PPG-206
7. Pengembangan Kompetensi Profesional 4 WAJIB 1E KAM 12:30-15:50 R: PPG-206
8. Pengembangan Kompetensi Profesional 6 WAJIB E KAM 07:00-12:00 R: PPG-206
9. Penyusunan Perangkat Pembelajaran 4 WAJIB 1E SEL 12:30-15:50 R: PPG-206
10. Penyusunan Perangkat Pembelajaran 6 WAJIB E SEN 13:10-18:10 R: PPG-206

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Studi Islam Dr. 2019
2. S2 Universitas Negeri Semarang Pendidikan Ipa M.Pd. 2005
3. S1 Universitas Negeri Semarang Pendidikan Kimia M.Pd. 2002

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 2024 Kurikulum Pendidikan Dasar Islam Dari Masa Ke Masa . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Deepublish.
https://play.google.com/store/books/details?id=5xg4EQAAQBAJ
2 2024 Orientation of scientist Formation . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Deepublish digital.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&h...
3 2021 Pengembangan Kurikulum Linier S1, S2, S3 . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh PGMI Press.
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50638
Jurnal Ilmiah
4 2024 Unraveling the Strategic Roadmap to Achieve World-Class Status in Indonesia's Islamic Universities: A Comparative Study . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Richtmann Publishing.
https://www.richtmann.org/journal/index.php/jesr/article/vie...
5 2024 The Grass Roots Curriculum Model in Basic Education through Self-Development Programs . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/...
6 2024 Optimalisasi Peran Filantropi Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Mahasiswa Program Studi Sosiologi . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Institut Agama Islam (IAI) Nasional Laa Roiba Bogor.
https://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/elmal/article/vie...
7 2023 The Implementation of Hidden Curriculum On Fifth Grade Students’ Character Development at Islamic Elementary School . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi PGSD, Jurusan PSD, FIP, UNY.
https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6...
8 2023 Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong) . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/...
9 2023 Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai.
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/...
10 2023 Strategi Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa pada Materi Hadits Tarbawi di Era Digitalisasi . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/vie...
11 2022 Desain Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya untuk Program Pendidikan Agama Islam . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.jet.or.id/index.php/jet/article/view/184
12 2022 Integrasi Game Chirality 2 untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/daltonjurnal/article/...
13 2022 Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia SMA . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/view/22746
14 2022 Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/222...
15 2022 Implementation Design Of Curriculum 2013 In The Thematic Learning Process In Integrated Islamic Elementary School . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/11...
16 2022 Dampak latar belakang pendidikan dan pengalaman guru terhadap mutu mengajar guru di Sekolah Dasar . Tingkat Nasional.
https://jim.unindra.ac.id/index.php/orien/article/view/6229
17 2022 Model of Teacher – Student Interaction Based on Students’ Uniqueness in Elementary School (Benchmarking to Sto. Rosario Montessori School Philippine) . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article...
18 2022 Innovation of Basic Education Curriculum to Optimize Learners Spiritual Character . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/art...
19 2022 PROSPECTIVE MADRASAH TEACHERS’ SCIENTIFIC COMPETENCIES INTEGRATED WITH SCIENTIFIC LITERACY THROUGH THE STEM APPROACH . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Science Education Study Program FMIPA UNNES Semarang.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/...
20 2021 Pembelajaran Model Blended Learning pada Mata Kuliah Sains Lanjut dengan Menggunakan Kurikulum KKNI . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1396
21 2021 STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD (STUDI KASUS DI TK ANNUR II MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA) . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) .
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/8...
22 2021 Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI.
https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-pgmi/article/view/194/...
23 2020 Levels of Inquiry-Interactive Demonstration: Its Effect on Students' Critical Thinking Ability in Online Learning with the Topic of Waves and Sounds . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/17786.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/17...
24 2020 Transformation of Islamic Religious Institutes (IAIN) Become Islamic University (UIN) In the Ministry Of Religion, Indonesia . Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh https://www.arjhss.com/volume-3-issue-12/.
https://www.arjhss.com/wp-content/uploads/2020/12/F3125459.p...
25 2020 Planning of PAUD Learning with STEAM (Science, Technology, Art, and Math) Approach . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/vie...
26 2020 Literasi Sains melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA SD/MI di Abad 21 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/
27 2020 Dynamics of Pesantren in the Perspective of National Education Policy . Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) .
https://www.iosrjournals.org/
28 2020 Analisis Soal Hots Pada Buku Siswa Tokoh Penjelajah Angkasa Luar . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Profesi Pendidikan Dasar.
https://journals.ums.ac.id/
29 2020 The Concept Of Elective-Coordinative Curriculum Model In Level Of Bachelor Degree At Department Of Education Teacher Madrasah Ibtidaiyah In Indonesia . Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh IJSTR.
http://www.ijstr.org/final-print/jan2020/The-Concept-Of-Elec...
30 2019 Tarbiyah analysis in life: Historical approach and curriculum development . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) in collaboration with Institute of Advanced Engineering and Science (IAES).
http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/133...
31 2019 “The Integration Of Science And Culture On Indonesian Archipelago Kliwonan Around Masjid And Buyut Trusmi’s Tombs In Cirebon” . Tingkat Internasional.
http://www.ijstr.org/final-print/aug2019/The-Integration-Of-...
32 2018 PENGARUH STRATEGI POINT COUNTER POINT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=4129
33 2018 LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN TANURAKSAN KEBUMEN . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/129/...
34 2016 Perkembangan LKM Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1 dalam Jurnal Al-Bidayah.
35 2015 Studi Proses Indirect Teaching dalam Pembentukan Karakter diri Keimanan dan Sikap Sosial ( Kajian Komparatif-Implementatif Pembelajaran Kurikulum 2013 Perspektif Sosiologi Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 dan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dalam Jurnal Progres.
36 2015 Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Multiole Intelligences Untuk Siswa SD/MI di Bantul dalam Jurnal Magistra.
37 2015 Analisis SWOT Kurikulum Prodi PGMI menyongsong Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2038 yang Bervisi Integrasi-Interkoneksi dalam Jurnal Al-Bidayah.
Seminar
38 2022 Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural . Tingkat Nasional. Pada Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education. Diselenggarakan oleh PPPAII. Diterbitkan oleh The Annual Conference on Islamic Religious Education (ACIRE) 2022.
http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/vie...
39 2019 ANALISIS MATERI POKOK PPKn MI/SD . Tingkat Nasional.
https://www.academia.edu/41589108/PROSIDING_THE_1_ST_ANNUAL_...
40 2019 ANALISIS MATERI POKOK MATEMATIKA MI/SD . Tingkat Nasional.
https://www.academia.edu/41589108/PROSIDING_THE_1_ST_ANNUAL_...

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2015 PembelajaranMatematikaDenganPendekatan Multiple Intelligences UntukSiswa SD/MI Di Bantul.
2 2015 Studi proses indirect teaching dalampembentukankarakterdirikeimanandansikapsosial (KajianKomparatif-ImplementatifPembelajaranKurikulum 2013 PerspektifSosiologiPendidikan Di SMA Muhammadiyah I dan SMA BOPKRI I Yogyakarta).
3 2015 Pengembangan LKM BerbasisKeterampilan Proses SainsPada Mata KuliahPembelajaran IPA MI 1.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2024 Kuber Sejarah Islam.
https://drive.google.com/file/d/1lwH6YSGHrHFcJf3JFJFaeNvOlxU...
2 2023 Media Audio Visual Animaker Terintegrasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
http://uin-suka.ac.id/
3 2023 Video Pembelajaran IPA (Perkembangbiakan Tumbuhan Vegetatif Secara Alami).
http://uin-suka.ac.id/
4 2021 PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUMELEKTIF-KOORDINATIF MENGACU KKNIPADA LEVEL S1, S2, DAN S3 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI. Diterbitkan oleh EC00202123134.
https://i.ibb.co/d5XwDtg/sertifikat-EC00202123134-page-0001....

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2020 Uji Publik Kurikulum 13 di MAN 1 WATES (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
2 2016 Pendampingan Penerapan Kurikulum Mengacu Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) .
3 2016 Workshop RPS dan RPM Mengacu KKNI .
4 2016 Kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Lembaga Pendidikan di SDIT Ar Raihan Bantul .
5 2016 Seminar Isu atau Fakta Perubahan Kurikulum 2013 menjadi kurikulum nasional? .
6 2016 Workshop kurikulum Universitas Tidar Tahun 2016 .
7 2015 Pendampingan penulisan karya ilmiah dan manajemen kelas bagi guru MI se-kabupaten gunungkidul .
8 2015 Pendampingan Manajemen Madrasah Ibtidaiyah .
9 2015 Kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Lembaga Pendidikan di SMK Maarif Wates .
10 2015 Kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Lembaga Pendidikan di SMA N 1 Wates .
11 2015 Pendampingan penyusunan CP dan CLO KKNI Rumpun Ilmu IPA dan IPS Tahun 2016 .